LPK Jawa Timur wujudkan pemimpin berkualitas dalam kepengurusan Dewan Kerja

Mei, tepatnya tanggal 26-29 Mei 2016, Dewan Kerja Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur telah melaksanakan kegiatan Latihan Pengembangan Kepemimpinan,
Kegiatan ini dilaksanakan di STTP (Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian) Bedali, Lawang.

LPK Jatim 2016
"Prosesi upacara penutupan sedang berlangsung, sekaligus penyematan dan pemberian tanda piagam penghargaan"
Latihan Pengembangan Kepemimpinan ini resmi dibuka pada hari Kamis 26 Mei 2016 pukul 16.00 oleh Kak Drs, A.R.. Purmadi selaku Pembina Upacara.
Kak Drs, A.R. Purmadi juga menjabat sebagai Waka Harian Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur. Upacara Pembukaan Latihan Pengembangan Kepemimpinan  juga dihadiri oleh Pimpinan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Ketua STTP Malang, Ka. Pusdiklatda Jawa Timur, Ka Kwarcab Malang dan jajarannya, Dewan Kerja Nasional, Muspika Lawang, Kepala Desa Bedali, Serta para peserta Latihan Pengembangan Kepemimpinan.

Serangkaian upacara terlaksanakan dengan pemberian tanda peserta secara simbolis oleh pembina upacara dan pertunjukan tarian topeng Malang dari adik adik SMP 3 Negeri Lawang.


Setelah serangkaian upacara pembukaan terlaksanakan, para peserta membentuk kelompok masing masing, dan pada akhirnya terbentuklah 8 kelompok dari pembagian 73 peserta Latihan Pengembangan Kepemimpinan dan masing masing kelompok juga di hadiahi sebuah Fasilitator yang nantinya seorang Fasilitator itu akan membimbing setiap kelompok pada saat kegiatan tersebut berlangsung. Dan selanjutnya peserta di minta untuk membentuk komitmen belajar bersama sama serta diberikan tugas kelompok yaitu membuat nama kelompok dengan menggunakan nama sesosok pemimpin yang berpengaruh, dan pastinya tak lepas dari tugas membuat yel yel kelompok dan lain sebagainya.


Peserta Latihan Pengembangan Kepemimpinan diambil perwakilan dari masing masing DKC 2 Anggota (1 Putra 1 Putri) , peserta yang hadir dari seluruh Kwarcab Se- Jawa Timur tetapi ada juga Kwarcab yang tidak mengirimkan partisipan untuk Kegiatan tersebut, diantaranya Kwarcab Kab. Mojokerto, Pacitan, Tulungagung, Situbondo, Pamekasan, dan Lumajang.


Agenda pertama yang diadakan yaitu pemberian materi pertama, oleh kak Adji Syuhada, didalam kegiatan tersebut kak Adji memberikan materi tentang Kubik Leadership (Konsep Dasar Kepemimpinan) dimana materi ini menjelaskan tentang visi misi seorang pemimpin yang harus dipegang teguh dalam individu masing masing, setelah penyampaian materi dari Kak Adji tepat saat itu adalah hari Jumat pastinya adanya solat Jumat dan setelahnya melaksanakan rangkaian solat Jumat para Peserta melanjutkan kegiatan.


Selanjutnya, yaitu adanya materi kedua yang dipimpin langsung oleh kak Drs, Ec. Hariyadi Purwantoro saat itu juga pemberian materinya adalah mengenai Kepribadian Seorang Pemimpin (Gaya Kpemimpinan) ini adalah ilmu yang memang harus dimiliki oleh setiap para pemimpin, dimana seorang pemimpin dituntut untuk mempunyai Kepribadian, Etika yang baik pada saat menjadi seorang pemimpin.


Setelah satu hari mengikuti serangkaian kegiatan, setiap kelompok diharuskan untuk melakukan Evaluasi bersama Fasilitator masing masing, sebelum istirahat.

Tak luput setelah bangun pagi, para peserta di haruskan untuk mengikuti serangkaian kegiatan acara senam pagi, apel pagi, giat Pribadi (bersih diri) setelahnya adalah makan pagi dan dilanjutkan dengan materi yang ke tiga yaitu Karakter Kepemimpinan yang dibawakan langsung oleh Kak Mas’ul Hadi, didalam materi ini Kak Mas’ul menjelaskan bahwasannya setiap para pemimpin mempunyai karakter atau cara memimpin yang berbeda yaitu ada yang menggunakan cara:



  1. Karakter pemimpin Karismatis
  2. Karakter pemimpin Diplomatis
  3. Karakter pemimpin Otoriter
  4. Karakter pemimpin Moralis
  5. Karakter pemimpin Sistem among


Dan untuk terakhir kalinya, materi selanjutnya yaitu mengenai Gaya Komunikasi Pemimpin yang dibawakan langsung oleh Kak. Prof, Dr, Suyatno , dimana pada materi Kak Suyatno menjelaskan titik point tentang Cara Komunikasi seorang Pemimpin terhadap para anggota atau sebagai peran pembicara. Tak hanya itu saja, untuk materi terakhir ini kak Suyatno memberikan pula cara sukses untuk membuka sebuah pembicaraan didepan umum atau public speaking.


Dan selama kegiatan dari berbagai materi materi yang disampaikan bermacam macam, yaitu dengan cara Berdiskusi dan Praktik.

Disela sela setiap materi juga terdapat sebuah games yang mengedukasi para peserta dan sebuah sajian Coffe Break agar peserta tidak merasa bosan dan mengantuk pada saat materi berlangsung.

Dan menginjak pada malam terakhir sebelum besoknya harinya kegiatan akan berakhir, para peserta, fasilitator , panitia mengikuti serangkaian kegiatan Malam Brawijaya , dimana pada saat malam tersebut para peserta melakukan tukar kado, makan bersama diatas meja bundar yang berkumpul dalam kelompok masing masing, pembacaan nominasi peserta tergiat (reaward) dan tak lepas juga dengan bernyanyi bersama sama sebagai sarana hiburan bagi peserta dan lainnya.

Malam Brawijaya juga dihadiri oleh Perwakilan dari DKD Yogyakarta, Dewan Kerja Nasional.

Pada pagi harinya sebelum upacara penutupan, pihak panitia meberikan sebuah warisan atau tugas kepada tiap tiap peserta yaitu dengan meberikan RTL (Rencana Tindak Lanjut) yang nanti tugas ini akan dikerjakan oleh tiap tiap peserta sebagai tindak lanjutnya yang akan dikembangkan setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Pemberian RTL dilakukan oleh Kak Irfan Eko Hariyanto selaku Koor. Bidang Giat.

Serangkaian acara telah dilalui dan pada akhirnya sampailah saat nya di penghujung acara yaitu upacara Penutupan kegiatan Latihan Pengembangan Kepemimpinan dimana didalam pelaksaan upacara ini terdapat sedikit berbeda , yaitu adanya Inagurasi, proses pelepasan tanda peserta dan pemberian sertifikat kepada tiap tiap peserta.

Upacara Penutupan dihadiri oleh Kak Bambang S.W. , selaku pembina upacara dan menjabat sebagai Waka Bidang Binawasa.

Serta dihadiri juga oleh Pimpinan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Ketua STTP Malang, Ka. Pusdiklatda Jawa Timur, Ka Kwarcab Malang dan jajarannya, Dewan Kerja Nasional, Muspika Lawang, Kepala Desa Bedali, Serta para peserta Latihan Pengembangan Kepemimpinan.


Kak Bambang juga memberikan pesan pada saat penyampaian amanat kepada tiap tiap peserta utamanya, yaitu harapannya

“peserta selesai mengikuti acara Latihan Pengembangan Kepemimpinan ini bisa menjadi pemimpin yang berkualitas didalam kepengurusan di Dewan Kerja maupun di lingkungan sekitar, karena sejatinya setiap organisasi atau kelompok pasti membutuhkan suatu pemimpin yang Hebat, Cerdas, dan Bermasyarakat sesuai dengan thema kegiatan tersebut” ujar kak Bambang S.W.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.